Sabtu, 01 Oktober 2011

1. Pemrograman Multimedia dengan menggunakan J2ME

2ME (Java 2 Micro Edition), sebuah platform dari java yang men-support pemrograman untuk aplikasi mikro. Aplikasi mikro tersebut dapat berjalan di mobile phone.
Pemrograman J2ME banyak digunakan untuk berbagai tujuan, seperti: aplikasi, penjadwalan, e-mobile, dll. Selain itu, J2ME juga marak digunakan untuk keperluan multimedia, salah satunya adalah aplikasi game.
Dengan berbekal kemampuan dasar j2me, kita akan dapat membuat sebuah aplikasi sederhana di handphone kita sendiri. Namun, pemrograman multimedia pada J2ME adalah sebuah proses yang cukup sulit, karena kita harus dapat mengembangkan aplikasi sendiri.
Pada tulisan kali ini, akan melengkapi tugas pembuatan sebuah game 2 dimensi (2D) berbasis j2me. Konsep game ini sangat sederhana, yaitu permainan peperangan pesawat luar angkasa yang dapat menembak musuh-musuhnya.
Sebagai sebuah aplikasi game, game ini masih tergolong game yang rendah/sederhana, hal itu jika dilihat dari segi tampilan multimedianya (baik grafik, animasi, suara, semuanya tergolong sederhana). Game ini menyajikan sebuah peperangan antara sebuah “sprite”, yang merupakan aktor utama dalam permainan, dan beberapa musuh yang bertugas menghancurkannya.
Sprite tersebut-lah yang telah diprogram untuk dapat dikontrol oleh user, sehingga dapat menghindar maupun menembak musuhnya.
Pada tulisan kali ini mungkin tidak dijelaskan secara detail langkah pemrograman dari game ini. Namun secara keseluruhan konsep game ini menyajikan sebuah pengembangan pemrograman j2me yang memerlukan interaksi user. Dan game ini mungkin masih sederhana dari segi multimedia, sehingga masih memerlukan banyak penambahan untuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar